About Noersam

Doelo,,,Kini,,,Dan Yang Akan Datang “

1. Masa Kecil => Sebuah Historis

Hari itu kalau ndak salah kata ibuku hari sabtu, tanggal 24 Desember 1988 seorang bayi mungil lahir dari keluarga yang serba pas – pasan. Lahir dari keluarga yang berkultur orang ndesa dengan pekerjaan Tani dan penghasilan yang pas – pasan untuk makan sehari – hari. Ibuku bernama Katmini dan Bapakku Suparlan. Dilihat dari namanya saja sudah kelihatan kalau mereka adalah orang Desa. Yang katane tukul Katrok – katrok..tapi semoga ndak kayak githu. Akhirnya setelah umur 7 hari bayi tadi diberi nama Mahfud wahyudi ( nama kecil Nur Samsudin).

Oya belum takceritakan aku lahir dimana???.aku dilahirkan sebuah Dusun yang jauh dari keramaian dan kebisingan kota tapi penuh dengan keakraban. Ploso…ya itulah dusun dimana aku dilahirkan. Desanya Ngadirojo , Kecamatan Sooko, kabupaten Ponorogo, Propinsi Jawa Timur dan masih dalam wilayah NKRI.

Semasa kecil tidak yang istimewa bagiku. ya..seperti layaknya anak kecil semua. Suka bermain, suka bertengkar, suka nagis, poko’e banyak deh. Yang ndak enak bagiku semasa kecil cuma aku thu punya sakit Nafas. Tapi sekarang ndak ndak..dah sehat walafiat. ya..cuma penyakit keturunan aja. Tapi cukup sampai disini saja sakitnya.

Ada yang kurang.aku adalah anak kedua dari 4 bersaudara. Kakakku dah mau nikah tahun ini, sedangkan adikku nomer satu dah SMA dan adikku nomor 2 masih kecil. Kalu ndak salah umurya masih 4 tahunan. Dan kesemuanya adalah laki-laki .

2. Riwayat pendidikan Nur Samsudin => Sebuah Historis

Sekarang saatnya crita semasa sekolah. Semasa kecil aku ndak pernah menikmati rasanya duduk di bangku TK, bukannya di Desaku ndak ada Tknya tapi cuma jauh aja. Jadi belajar dirumah aja ma ortu n Kakakku. Cuma semasa kecil aku dah bisa baca dulu sebelum aku masuk sekolah SD. Cuma belajar ngaji di TPA yang ada di masjidku. Jadi aku ndak pernah merasakan enaknya bermain di Taman Kanak – kanak.Setelah aku berumur 5 setengah tahun aku didaftarkan di SDN 3 Ngadirojo. Alhamdulilah setelah 6 tahun aku lulus dari sekolah ini dengan prestasi yang tidak mengecewakan. Ketika di SD pasti aku dapat juara kelas. Pasti aku masuk 5 besar.

Setelah lulus SD aku melanjutkan ke SMP. Aku meneruskan smp di desaku sendiri yang kebetulan sudah dibangun dan siap untuk dipakai. ya..SMPN 3 Sooko ( Sekarang SMPN 2 Sooko). Tidak ada yang istimewa dari sekolah ini tapi aku adalah murid pertama yang masuk di sekolah ini karena sekolah ini termasuk baru dan baru dibuka tahun itu. Aku mulai belajar dengan sungguh-sunguh ketika SMP. Dengan adanya fasilitas Perpustakaan kupergunakan dengan sungguh – sungguh. ya…kebetulan hobyku adalah membaca jadi kulahap semua buku yang ada diperpustakaan. Minimal dalam satu hari aku dapat menyeleseikan satu buku bacaan. Entah aku pahami atau ndak isinya. Kadang – kadang aku bisa menyeleseikan lebih dari satu buku bacaan. Tanpa terasa 3 tahun kulalui di sekolah tercinta ini. Banyak kenangan manis yang kutinggalkan dan kuukir bersama teman – teman semasa SMP dulu. Soal prestasi semasa SMP jangan dipertanyakan lagi???ku selalu masuk 3 besar dan tidak jarang aku peringkat 1 selama duduk di SMP. Akhirnya 2004 kemaren aku resmi lulus n keluar dari sekolah tercinta ini. Bye..bye…jaya selalu tuk mencetak kader – kader bangsa.

Ketika lulusan udah usai biasanya anak2 terutama dari golongan kelas atas selalu disibukkan untuk melanjutkan sekolah dimana dan menyiapkan banyak uang agar si anak dapat masuk di sekolah yang faforit. Tapi tidak begitu dengan AKU. Seorang Nur Samsudin malah bingung aku harus meneruskan lagi atau ndak ya….aku sempat berfikir ulang untuk melanjutkan sekolah ke tingkatan yang lebih tinggi ketika melihat kondisi ekonomi keluarga yang pas pasan . Yang pastinya mereka tidak sanggup untuk membiayai aku ke jenjang SMA. Aku jadi terinspirasi dengan bukunya Eko prasetyo ( Orang Miskin Dilarang Sekolah ) memang tidak ada pendidikan yang gratis sekarang ini dan malah orang miskin termarjinalkan oleh system dan tidak diberi ruang gerak untuk mengakses pendidikan ynag layak. Tapi melihat kondisi orang tua yang seperti itu aku tidak putus asa paleng tidak aku masih punya sebuah harapan panjang agar aku pisa melanjutkan sekolah yang lebih tinggi dan bisa jadi anak yang dibanggakan oleh ortuku.

Siapa orang yang mau berusaha pastilah Allah akan memberikan jalan untuknya. Setelah cari link dimana mana akhinya aku punya peluang untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. ya..akhirnya aku bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMA.

MA Muhammadiyah 1 Ponorogo..itulah tempat aku melanjutkan belajar lagi. Selama sekolah aku tinggal di Panti Asuhan Muhammadiyah Ponorogo. Alhamdulilah aku bisa sekolah dengan tidak mengeluarkan dana karena yang membayar sekolah adalah dari Panti Asuhan . Awalnya aku memang merasa minder ketika aku harus tinggal di Panti Asuhan. Dan sekolah di Ma Muhammadiyah yang muridnya sedikit Tapi biarlah.yang penting aku bisa belajar lagi.

Berawal dari sinilah aku bisa lebih mandiri dan lebih dewasa karena segala urusan aku kerjakan sendiri. Yang dulu segalanya masih orang tua sekarang aku sendiri dari mencuci bahkan masak. Jadi aku bisa masak lho…

Banyak hal yang menarik ketika aku sekolah di SMA. ya..seperi anak lainnya maseh suka jahil, suka mbolos sekolah. Tapi beda lho mbolosq ma anak2 yang lain. Kalau mereka mbolos mungkin pulang atau ke warung tapi kalau aku ndak. Kalo aku mbolos sekolah kalau ndak ada kegiatan ya ke Perpusda jadi mbolos yang bermanfaat.he2….

Yang paling berkesan bagiku ketika aku sekolah adalah aku lebih tahu akan organisasi. Mulai kelas satu aku sudah mulai masuk dalam jajaran pengurus Ikatan Remaja Muhammadiyah ( kalo sekolah umum OSIS ) di sekolahku. Dan aku juga masuk jajaran pengurus Pimpinan Cabang IRM Ponorogo Kota. Dan juga banyak pelatihan yang aku ikuti ketika aku ikut IRM.

Ketika aku kelas 2 SMA kesibukanku di organisasi semakin bertambah. Selain aku sebagai ketua di IRM ( OSIS ) di sekolahanku aku juga sebagai pengurus di Pimpinan Cabang IRM Kota dan Pimpinan Daerah IRM Kabupaten Ponorogo. Selain itu aku juga aktif dalam kepengurusan Forum Komunikasi Pelajar Muslim Ponorogo yang anggotanya adalah seluruh anak2 SMA se-Ponorogo. Di kelas dua ini juga aku pernah merasakan ikut perhelatan akbar Musywil IRM Jawa Timur di Madiun. Di sinilah aku mulai kenal anak anak IRM se-Jawa Timur.

Waktu terus berjalan tak terasa aku sudah kelas 3. sudah saatnya aku memikirkan belajar yang sungguh2 karena sebentar lagi ujian. Dan syarat kelulusannya sangat berat. Maka aku kurangi kegiatanku di organisasi. Tetapi yang namanya sudah penggerak organisasi aku malah disibukkan oleh banyak kegiatan. Baik di IRM maupun di OKP lainnya. Malah-malah aku ingat waktu itu ada mid semester di sekolahku. Malah tak tinggal kegiatan IRM kalo tidak salah kemaren di Sidoarjo ada Pelatihan Administrasi n Bedah Anggaran DPRD.

Diwaktu kelas 3 ini juga aku terpilih menjadi ketua umum Pimpinan Cabang IRM Ponorogo Kota. Tambah ribet lagi……………….tetapi setiap da kegiatan aku tetep belajar agar aku tidak ketinggalan pelajaran ma teman yang lain.

Akhirnya ujian kelas 3 datang. Kupersiapkan dengan sungguh – sungguh segala sesuatunya agar aku nanti lulus dengan nilai yang memuaskan. Karena tiga tahun akan ditentukan hanya 3 hari ini. Sebenarnya dalam hati kecil saya ndak setuju akan adanya UAN sebagai Syarat kelulusan siswa. Malah – malah bersifat sentralisasi sehingga yang menentukan kelulusan adalah dari pusat. Nah disinilah menurut saya letak ketidakadilannya. Menurut hemat saya biarlah yang menentukan kelulusan sekolah yang berkaitan. Karena yang mengetahui sedikit banyak tentang siswa hanyalah guru dan pihak sekolah lainnya. Sedikit evaluasi saja dengan adanya UAN tahun kemaren. Menurut saya uan hanyalah sebagai tradisi saja dan tidak ada nilai subtansial yang berarti karena ketika uan banyak sekali kecurangan disana sini. Yang ada cuma bagaimana anak didik bisa lulus entah bagaimana caranya. Sehingga bermacam cara dilakukan entah itu bermain HP, sogok meyogok, dll. Sungguh menyedihkan melihat kondisi pendidikan indonesia sekarang ini yang jauh dari kata MAJU. Sebuah harapan saja jangan sampai hanya UAN yang menentukan kelulusan siswa tetapi saya setuju kalau UAN sebagai mengukur standar pendidikan Nasional.

Ya…akhirnya aku lulus juga setelah berjuang selama tiga hari dengan melihat ketidak adilan disana sini. Nila 25,00 bagi saya sudah lumayan tinggi. Karena masih banyak teman – temanku yang berada dibawah saya.

Itulah sedikit gambaran dari serangkaian kehidupan saya ketika masih bisa mengenyam dunia pendidikan. Semoga apa yang aku dapatkan bisa bermanfaat bagi diriku, orang lain, agama dan bangsa ini.

Masih banyak yang belum sempat aku tulis dari serangkaian riwayat pendidikan saya.

3. Pengalaman Organisasi

Mulai sewaktu aku sekolah dulu aku sudah aktif di setiap organisasi yang ada di sekolah. Sewaktu SMP aku aktif di OSIS dan Pramuka. Tetapi sewaktu SMP dulu organisasi ini kurang bisa berjalan secara maximal. Entah apa penyebabnya.

Ketika aku mulai beranjak ke SMA aku mulai belajar banyak dari organisasi. Banyak sekali organisasi yang aku ikuti sewaktu SMA baik yang intern maupun ekstren yang kesemuanya sangat membeikan manfaat dan banyak pengaruh pada diriku.

Organisasi intern di sekolah yang pernah aku ikuti dan bisa memberikan ruang gerak tersendiri bagi aku adalah Ikatan Remaja Muhammadiyah dan Hizbul Wathan ( Pramuka ). ketika sekolah dulu aku pasti mengambil posisi penting di kedua organisasi ini. Ketika aku di kelas 1 aku udah menjadi salah satu ketua bidang dan sewaktu di kelas dua aku juga menjadi ketua umum.

Selaen di sekolah aku juga aktif di PC IRM Ponorogo Kota dan Juga PD IRM Ponorogo. Sempat juga di DPD HW Ponorogo. Di PC IRM sempat jadi Ketua Bidang SDI dan akhirnya juga jadi Ketua Umum Periode 2006 – 2008. di PD IRM Pernah Di bidang Study Dakwah Islam ( Sekretaris ), bendara Umum dan Ketua Bidang Kader 2006 – 2008.

Selama Sekolah juga aktif di Forum Komunikasi Pelajar Muslim Ponorogo. Dan selain IRM juga pernah ikutan di Komunitas Remaja Ponorogo Peduli Pendidikan .

4. Pelatihan Yang Pernah Diikuti

  1. TM 1 PC IRM Ponorogo Kota

  2. TM 2 PD IRM Kab. Jombang ( di Jombang 2006 )

  3. Pelatihan Da’i Transformatif PW IRM Jatim ( Surabaya 2004 )

  4. Pelatihan Kepemimpinan ( FKPMP 2005 )

  5. Pelatihan Administrasi PW IRM Jatim ( Sidoarjo 2005 )

  6. Pelatihan Fasilitator PW IRM jatim ( Ponorogo 2004 )

  7. Workshop SDI PW IRM jatim ( Gresik 2006 )

  8. Peserta Musywil PW IRM Jatim ke 14 ( Madiun 2004 )

  9. Peserta Musywil PW IRM Jatim ke 15 ( Jember 2007 )

  10. Peserta Lokakarya Materi Muktamar IRM Ke 15 ( Madura 2007 )

  11. Peserta Muktamar IRM ke 15 ( Medan, Sumatra Utara 2007 )

  12. Peserta Kemah Akbar Pandu Penghela Se-Jatim ( Lamongan 2005 )

  13. Panitia Jambore Nasional HW ( Malang 2006 )

  14. Pelatihan ESQ ( 2008 )
  15. Pelatihan Penanggulangan Flu Burung ( 2007 )
  16. Pelatihan Tanggap Bencana ( 2008 )
  17. Pelatihan KDRT dan HAM ( Bakesbang Kab. Ponorogo 2007 )

  18. Peserta Konpida PW IRM Jatim ( Malang 2006 )

  19. Dan seminar – seminar baik di Ponorogo maupun luar Ponorogo

5. Visi dan Tujuan Hidup

1. Agama menjadi landasan utama dalam hidupku

Setiap aku bergerak dan setiap perbuatanku pasti agama menjadi landasan pertama. Jadi setiap aku melakukan perbuatan aku berfikir dahulu apakah perbuatan ini melanggar syariat atau tidak.

2. Kejujuran dan senyummmmmmmmmmmm

Di setiap aku melangkah selalu kucoba untukselalu berbuat jujur. Karena jujur itu mahal harganya. Dan sulit memang menjadi orang yang jujur tapi ku selalu mencoba untuk selalu jujur dalam segala hal. Sebuah kepercayaan dari orang lain memang mahal harganya sebuah kejujuran adalah salah satu kunci untuk mendapat kepercayaan dari oran lain.

3. Landasan Cinta dan Kasih Sayang

Cinta dalam arti luas…………….sebisa mungkin kumencoba untuk selalu menyayangi setiap hamba Allah yang ada di muka bumi ini tanpa kuliat ia dari golongan mana. Atas, menengah ataupun bawah,,,kaya atau miskin sama saja. Tidak melihat pangkat maupun derajat seseorang yang penting kita saling menyayangi diantara kita semua…sumber dari segala permusuhan adalah dikala rasa cinta dan sayang sudah hilang dari diri kita.

4. Bekerja Keras

Bekerjalah dengan sungguh – sungguh niscaya dunia dan isinya akan kau raih . Aku jadi terinspirasi akan kata – kata ini. Jadi di setiap hari – hariku kucoba untuk selalu bekerja keras untuk diriku sendiri maupun orang lain.

5. Disiplin

Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan seseorang adalah disiplin yang tinggi. Aku merasakan bahwa menjadi pribadi yang disiplin dalam segala hal memang sangat sulit sekali . Dalam hal kecil saja..sholat 5 waktu yang belum tepat waktu adalah salah satu ketidak disiplinan seseorang khususnya seorang muslim. Masuk sekolah yang masih sering telat,,rapat yang masih molor,,kegiatan yang waktunya molor terus dan kegiatan lainnya khususnya kegiatan pribadi. Tapi dalam hati kecilku akan selalu mencoba untuk menjadi pribadi yang berdisiplin tinggi.

6. Hemat

Hemat dalam segala hal..uang, waktu, tenaga..dll.

7. Kolektif Kolegial

Sebagai makhluk sosial tak mungkin aku hidup seorang diri pasti aku membutuh oarng lain disisiku. Sebuah pekerjaan akan cepat selesei bila dikerjakan bersama – sama atau team.

Tujuan Hidup :

  1. Selalu beribadah kepada Allah perwujudan sebagai Hamba-Nya

  2. Selalu belajar sebagai insan berfikir ( long life education )

  3. Aku ingin membahagiakan orang – orang yang telah membahagiakan aku

  4. Aku ingin berguna bagi diriku sendiri, orang tua, orang lain, agama dan Negaraku tercinta agar hidupku ini tidak sia – sia

  5. Sukses dunia dan akherat

Itulah sebuah visi maupun tujuan hidupku. Bukan sebuah kebohongan tapi sebuah harapan panjang kedepan untuk selalu menjadi diri yang lebih baik. Dikala lilin Damai mati, dikala lilin Iman Mati, dikala lilin Cinta mati,, semuanya akan hidup kembali dengan adanya lilin HARAPAN. Paling tidak aku masih punya harapan untuk selalu mempersembahkan yang terbaik untuk diriku dan orang lain.

6. Thanks For

  1. Allah SWT yang selalu menunjuk jalan kebaikan kepadaku

  2. Orang tuaku yang telah membuat aku jadi ada dan yang telah mendidik dari kecil sebagai sekolah pertama bagiku

  3. Guruku semua dari TPA, SD, SMP maupun SMA yang telah membuat aku jadi MELEK akan segala hal. Jasamu takkan aku lupakan walaupun sosokmu kadang terlupakan. Moga selalu istiqomah tk menjadi panutan anak -anakmu.

  4. Panti Asuhan Muhammadiyah Ponorogo

Matur suwun katah – katah atas segala hal selama aku tinggal di sini. Mulai dari Ilmu, finansial, teman,suasana kebersamaan yang tak pernah kulupakan . Insya allah kalo ada rezeki banyak aku akan sealalu menyisihkan untuk kamu.

5. Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo

Yang telah memfasilitasi banyak hal kepada saya..tempat mampir , tempat berkumpul ma teman2 semua, majlis ilmu. Thanks…

6. Teman – Teman IRM semua

Mulai dari PR IRM MA Muhipo, PC IRM Ponorogo Kota, PD IRM Ponorogo dan anak2 IRM se-Jatim yang pernah kenal ma aq..sukses aja.

5. Teman2ku semua

tuk teman2 yang pernah kenal n pernah ngumpul bareng thanks atas semuanya maafkan atas segala kekuranganku.

Sekian daftar riwayat saya semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya.

61 Tanggapan

  1. wah2 CV nya lengkap euy..absen balik.salam kenal

  2. Hmm,… lengkap banget Saluttt

    Selamat atas transmigrasinya ke WP….

    🙂

  3. wah panjang bener ya mas………………
    ok dech salam kenal ya mas……………
    ini mas nur kodok ijo itu toh???😆😆

  4. iya semuanya…

    salambalik….sukses bwat semuanya ya..

  5. wah salut.. udh punya visi dan misi hidup..

    barakallah…

    –kunjungan balik–

    cahpo

    iya no..orang hidup kan harus punya visi dan misi,,,biar tujuan yang kita capai jelas,,he2.

    makasih ya,,,tukeran link ya..

  6. hmm… 8) CV memang lengkap, masih ada yang kurang CW pendamping hidupnya belum …😀

    noersam

    pendamping hidup masih dalam pencarian..tp keliatane dah ktemu..he2..

  7. pawai pembangunanya kapan kang noer????
    kabar2 yawwwww

    gak da pawai pembangunan mbakyuuuu…kemaren karnavalnya udahhh…pawai budaya daerahhh

  8. mosok gak enek tho????
    yoweslah…………
    numpang nulis kang nur

    noersam
    injih ,,,mboten wonten

  9. salam kenal, kunjungan balasan

    salamknal juga yaaaaaaa

  10. buset… pengalaman yang SUKSES…!!!

  11. lengkap banget CV-ne. Sampeyan pinter nulis yo selain sabreg pengalaman organisasi. Hebat..

    he2…latihan nulis aja mas…ya suka banget ma organisasi mas

  12. Wow cv-nya kumlpit-lit, hebad,hebad dahh, salut buat visi dan tujuan hidupnya, amien😀

    hemmm..makasih…doakan aja tujuan hidup bisa tercapai

  13. meskipun kita dari nDeso, semangat tetep kutho. OK

    ok,,,

  14. lam kenal juga yah… hehehe

    iya salam kenal aja

  15. Assalamu;alaikum Wr. Wb
    Ini kunjungan balik saudaraku. terimakasih sudah berkunjung ke blog ku. Sungguh aku sangat senang, karena ternyata saudaraku, adalah adinda IRM. Aku juga senang, karena aku sekarang konsentrasi di Forum panti Muhammadiyah-Aisiyah PP Muhammadiyah, jadi silaturahim kita bisa berlapis2; Sebagai sesama muslim, sebagai orang Indonesia, Sebagi Muhammadiyah, sebagai aktivis AMM (aku sekarang Ketua umum DPD IMM DKI dan anggotan bidang hukum PP Pemuda Muhammadiyah), dan terakhir calon istriku juga dari jatim, hehehe.

    salam selalu saudaraku….
    salam hangat, YSH

    waduh..gak nyangka ya..moga silaturahim ini bisa menjadikan manfaat yaaaa..salam buat anak2 IRM PP ya…mas ridho, mas david, mas batubara, mbak dyah,mas mudzakkir, dll..

  16. Amien…Semoga segala cita dan tujuan hidupnya tercapai, amien ya Allah😀

    amien

  17. Thanks for visit my blog….
    Sekarang kuliah dimana?

    kuliah di ponorogo….thanks juga

  18. ngeri baca portfolionya. salam kenal ya.. *ayo salaman dulu*
    blognya keren. numpang lewat ya.. ^_^

    he2,,,,salam kenal juga…kok ngeri??

  19. Salam kenal, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
    Oh ya, saya dulu juga sekolah TK sampai SMP di Muhammadiyah, terus kuliah di UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan sekarang di Aisyiyah PP. Selamat berjuang ya, pantang menyerah dan selalu didukung dengan doa …

    o..ibu ternyata ibunda saya…ibu PP ‘Aisyiah..salam knal aja..moga silaturahim ini bermanfaat

  20. Kunjungan balek mas…
    Panjang amat ya kisahnya, btw salam kenal lagi…

    he2..masa panjang

  21. Kota atau desa, hanya masalah menjejakkan kaki saja…sama2 di bumi Allah. Insya Allah dengan semangat sepertimu semua impian dan cita2 akan tercapai….salam

    iya..yang penting tetep semangat yawww

  22. salam kenal yah

    iya…jangan lupa sering2 mampir yah

  23. selamat menunaikna ibadah shaum ramadahan juga mas, dan sampaikan salam juga buat teman2 irmawan.irmawati disana (eh sekarang IPm lagi ya…hehehe)

    iya mas..nunggu muktamar solo dulu..he2..iya ntar taksampaikan…

  24. Allah pastiakan memberian jalan bagi umatnya mas, maksih telah mengunjungi blog saya, semoga tetap terjalin silaturahmi didunia tulisan ini

    iya ,,makasih ya mas…

  25. salam kenal juga…

  26. whuuuaaaa… “About me”-nya lebih lengkap dari punya saya🙂
    bisa lebih kenal…

    Salam semangat…! ^_^

    wedeww,,,jadi gak enak..sama sama lengkap kok,,tetep semangat pokoknya

  27. salam kenal mas
    dari hanu di tanjung brebes jateng🙂

    ok..salam knal juga

  28. lam kenal juga ya🙂

    ok..sering sering mampir yawww

  29. wong ponorogo toooo !!!
    aku wonogiri mas !!!
    salam kenal

    dekat no dengan pnorogo..salam knal ajah ya

  30. salam kenal sam…

    salamm knal juga,,sering – sering mampir ya

  31. kunjungan-persahabatan[dot]net..😀

    mari mari…

  32. Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog saya, salam kenal kembali dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan, semoga Allah melimpahkan baraqah Nya untuk kita semua orang2 yang beriman. Amin.
    Blognya saya link ya.
    Salam,
    Listiana Advokat.

    makasih..met puasa juga,,maksih dah di link

  33. Haloo.. salam kenal ya mas.. thanks udah mampir di blog ku ya…
    blog nya keren koq..😀

  34. ” Kejujuran dan senyummmmmmmmmmmm”

    Saya setuju dg Anda, numpang bergai senyum ya🙂 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

    Salam hangat dari pinggiran

    POpop

  35. Berbagi senyum maksudnya🙂, maaf salah ketik🙂

    Popop

  36. kirain lahirnya di poso..heheh.. salam kenal yaakk.. keep in touch

    ploso bukan poso..he2

  37. subhanallah ini bener2 riwayat hidup, lemgkap-kap-kap makasih dah berkunjung, kunjungan balik neh
    salam taaruf🙂

    salam ta’aruf juga..iya nie bener lho…sering – sering mampir yaww

  38. hai, lam kenal juga.. hihii

    salam kenal juga

  39. Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

    Semoga pemilik blog ini senantiasa mendapat rahmat

    dan hidayah serta rezeki yang berkah dari Allah di

    bulan yang berkah ini..

    Wassalam

    Sekedar berkunjung🙂

    sambil promo🙂

    ****
    http://cantigi.wordpress.com/2008/08/19/ibsn-ibsn/

    amien..salam kenal juga

  40. Wah mas … CV nya mantap banget euyy …. salam kenal yah mas … senag saya karena bisa mengunjungi blog anda …

    iya salam kenal juga

  41. semoga sukses ya dgn cita2nya🙂

  42. Wuih… banyak banget postingan tntang iografinya… salam kenal ya… saya juga seneng bisa berkujung di blognya Mas Noersam

    ok..seneng juga bisa berjumpa anda di dunia maya

  43. Oh ya link balik ya di http://bagdemagus.wordpress.com

    ok..sering sering mampir yaw

  44. terima kasih ya udah mau nimbrung di rumah kecil saya di OWL, senang berjumpa dengan anda.

    terima kasih juga dah berkunjung….

  45. isi daftar hadir dulu🙂

  46. assalamu alaikum…

    makasih ya sdh mampir,,,

    ok, salam kenal jg,,,🙂

  47. Salam….
    Nursam……eyip kabare……
    kok gak pernah munculll………..
    tasQ dikembalikan yaw…..

  48. arepe tak gawe….

  49. setiap orang tidak akan dibebani kecuali sesuai dengan kemampuannya.

    salam kenal….
    terus berjuang

  50. Salam kenal juga😀

  51. cv nya lengkap kawan..!
    saya baru kelar bacanya….🙂

  52. wahhh….. komplittt…. tenan masss….

    salam kenal ya mas….

  53. ckckckckc…
    lengkap banget yah cak…mantab…mantab….!!!

    salam kenal…
    saya ada info menarik utk anda, juga buat pengunjung blog anda ini, silahkan dilihat disini http://klikpliz.com/peluangbaru
    siapa tahu berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  54. assalamuallikum aku melu

  55. Asslm, Salm knal blik,..

  56. visi dan misi juragan sangat lah bagus ^^

    salam kenal🙂

    Peace and Love
    Red Dog

  57. salam kenal….

  58. walah teryata tua saya slisih 7 thun, salam kenal aja,,
    smg tujuan hidupnyaa tercapai,,,,,

  59. lam kenal ya mas….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: