WOW…AKU BISA MENULIS

Judul diatas adalah judul buku yang pernah aku baca terbitan dari PP IRM. yang intinya tulisan saya ini terlahir atas keprihatinan saya terhadap rendahnya minat baca dan tulis pada bangsa kita ini. seperti gambaran yang terungkap dari penelitian Taufiq Ismail : Minat baca -tulis bangsa ini rendah ! dan kita patut malu pada bangsa ini. bahkan negara tetangga kita, yang mengimpor ribuan guru sekolah dasar, menengah hingga perguruan tinggi dari bangsa kita, sekarang jauh melampaui kita dalam tradisi baca dan tulis. Tak pantas kita berdiam diri. keadaan itu harus dirubah dari sekarang. paradigma pemikiran yang terlalu meremehakan budaya baca harus juga dirubah.

Sekarang coba kita bertanya tentang eksistensi dan keberadaan manusia. banyak orang yang selama hidupnya dikenang , dipuja dan diagungkan namun beberapa hari, minggu, bulan dan tahun orang sudah melupakannya. demikian sebaliknya, ada orang yang namanya tetap dikenang dan dikenal meskipun sudah puluhan bahkan ratusan , ribuan tahun orang itu meninggal. apa yang membuat orang itu begitu abadi ? tidak lain adalah karya orang itu selama hidup bagi umat manusia yang ditinggalkan. salah satu karya yang mudah kita kenali adalah berupa karya tulis, buku. Plato yang telah mati ribuan tahun lampau mustahil kita kenali, jika socrates muridnya tidak menuliskan apa yang telah gurunya ajarkan. begitu juga dengan tokoh – tokoh besar yang lainnya. termasuk juga kejayaan islam bisa kita liat dalam hal tulis dan menulis.

Sebenarnya mengapa tho kita kok harus ( kayak nagncem aja ) baca dan tulis?

Saya teringat sebuah tulisan yang pernah aku baca . Ali Bin Abi tholib mengatakan bahwa ” Ikatlah ilmu dengan menulis ” kata bijak ini mengandung sebuah pesan bahwa pengetahuam, kekayaan ide dan percikan pemikiran yang kita miliki hanya akan abadi jika kita tuliskan. ini dilatarbelakangi oleh kelemahan kapasitas otak ( daya ingat manusia ). menulis merupakan salah satu cara mengabadikan ingatan pengetahuan kita. selain itu dengan menulis kita juga mengetahui secara sistematis tahapan perkembangan pemikiran, kemampuan dan kapasitas intelektual kita..iyaaa kann???. barangkali kita akan tersenyum ketika membaca sebuah karya mungil yang kita tulis dua puluh tahun yang lampau dan membandingkan dengan karya kita saat ini.

Menulis juga merupakan salah satu cara mengamalkan ilmu yang kita miliki agar dapat berguna dan dimanfaatkan oleh orang lain. fungsi kekhalifahan manusia akan nampak dari aktualisasi kita. dan menulis adalah salah satu bentuk aktualisasi diri. memberikan manfaat pada orang lain buka hanya sekedar materi tetapi sebuah, ide, pemikiran dan gagasan terkadang lebih bermanfaat daripada sebuah barang yang terkadang malah mudah terlupakan. bahkan yang akan memanfaatkan karya kita bukan hanya segelintir orang bahkan jutaan orang.

Ativitas para BLOGGER juga merupakan salah satu bentuk untuk mengaktualisasikan diri dengan menulis postingan demi postingan yang tentunya akan banyak manfaatnya apabila di akses oleh orang lain. makanya jangan takut untuk NGEBLOG coyyyy..mulai dengan sekarang ayo teriakkan ” BACA, BACA, TULIS, TULIS ” keyyyy…..

7 Tanggapan

  1. ayooo kampanyekan.

    baca
    baca
    baca
    tulis
    tulis
    tulis

  2. Sa sauka menulis, tapi gak suka baca. Gimana ya dengan itu?🙂

    dimulai dari yang kecil aja….dan mulai dari sekarang

  3. BACA BACA TULIS TULIS
    BACA TULIS BACA TULIS
    TULIS TULIS BACA BACA
    TULIS BACA TULIS BACA
    *jangan lupa tinggalkan komentar setelah berteriak*

    he2,,,pak gajah..suka baca dan tulis ternyata

  4. yup, benar sekali,

    ikatlah ilmu dengan menulis🙂

    iya kang ariff,,,,setuju ya..he2..suka nulis n baca kan??

  5. Wah, padahal niat awal ngeblog itu iseng doank..
    hihi… oh ya.. lam kenal juga..!

    samajuga iseng aku dulu..eh ternyata bermanfaat

  6. ayo membaca dan menulis

    iya meyyy..kita harus budayakan baca dan tuliss..betul kan??

  7. jadi inget iklan ituh?
    “bagaimana mungkin,membaca sajah aku tak bisa”
    sebuah ajakan untuk belajar membaca juga menulis..jadiii..ayoooooo tanamkan jiwa untuk suka membaca..and happy bloging..^_^

    sipp..sejak dini mari kita tanamkan gemar baca dan tulis..n gak da salahnya kita blogging alwayss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: